Home » » Modul KKPI Kelas XI (Mengoperasikan Software Basis Data) Pertemuan 2

Modul KKPI Kelas XI (Mengoperasikan Software Basis Data) Pertemuan 2



Perangkat Untuk Membuat Database.
 

    Database dapat dibuat dan diolah dengan menggunakan suatu program komputer, yaitu yang biasa disebut dengan software (perangkat lunak).Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) database disebut Database Management System (DBMS) atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti “Sistem Manajemen Basis Data”.
     DBMS terdiri dari dua komponen, yaitu Relational Database Management System (RDBMS) dan Overview of Database Management System (ODBMS). RDBMS meliputi Interface Drivers, SQL Engine, Transaction Engine, Relational Engine, dan Storage Engine. Sedangkan ODBMS meliputi Language Drivers,Query Engine, Transaction Engine, dan Storage Engine.

     Sedangkan level dari softwarenya sendiri, terdapat dua level software yang memungkinkan      untuk membuat sebuah database antara lain : High Level Software dan Low Level Software.

    Yang termasuk di dalam High Level Software, antara lain Microsoft SQL Server, Oracle, Sybase, Interbase, XBase, Firebird, MySQL, PostgreSQL, Microsoft Access, dBase III, Paradox,   FoxPro, Visual FoxPro, Arago, Force, Recital, dbFast, dbXL,Quicksilver, Clipper, FlagShip, Harbour, Visual dBase, dan Lotus Smart Suite Approach. Sedangkan yang termasuk di dalam Low Level Software antara lainBtrieve dan Tsunami Record Manager.

Kali ini kita akan membahas tentang micosoft access, Microsoft Access merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah database (basisdata) komputer standalone, dimana program aplikasi ini lebihmudah digunakan dibandingkan dengan programaplikasi yang lain dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, efektif dan efisien. Database pada MS. Access adalah  kumpulan dari objek-objek  yang terdiri  dari  Table,  Query,  Form, Report, Page, Macro dan Modul.
1) Tables
                 Adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk memasukkan data (data entry) sehingga mudah dibaca dan dipahami datanya.Tables terdiri dari barisd an kolom, dimana kolom (field) merupakan  kumpulan data yang sejenis sedangkan baris (record) merupakan kumpulan dari beberapa field yang mempunyai arti
2)  Queries
                 digunakan untuk menyaring data atau menyelesaikan dari suatu data dengan kriteria dan urutan yang kita butuhkan
3)   Forms
                 Digunakan untuk membuat desain tampilan data sehingga  tampilan  di  monitor  menarik  dan  indah.  Suatu form yang telah dicetak dan disimpan bisa digunakan untuk
menambah, mengedit atau menghapus informasi pada table yang tidak diperlukan lagi.
4)   Reports
                 Merupakan fasilitas yang disediakan MS.Access yang digunakan untuk membuat laporan dengan fasilitas ini laporan dapat ditampilkan atau dicetak.Dimana datanya diambil dari table atau query.Laporan ini merupakan hasil akhir dari proses database
5)   Pages
                 Merupakan fasilitas yang disediakan MS.Access yang digunakan untuk mendesain bentuk tampilan website yang nantinya akan dihubungkan dengan internet
6)  Macros
                      Digunakan untuk membuat perintah cepat (Shortcut) untuk dijalankan pada suatu objek atau aplikasi tertentu.
7)  Modules:
a)  Open: digunakan untuk membuka atau menjalankan suatu file atau objek yang telah disimpan.
b)  Design: digunakan untuk menampilka bentuk desain atau rancangan dari suatu objek.
c)  New : digunakan untuk membuat suatu file atau objek
d)  Create table in design view : membuat tabel baru dengan desain sendiri sesuai pemakai.
e)  Createtable  by using wizard : membuat tabel baru dengan fasilitas wizard
f)   Create table by entering data:membuat tabel baru dengan fasilitas entering data

                 Fungsi utama pada programAplikasi MS.Access yaitu untuk mengolah data yang banyak atau besar sehingga jika suatu saat data tersebut dibutuhkan, akan mudah mencarinya dengan cepat dan benar, sebagai contoh:
    Aplikasi program data siswa
    Aplikasi program administrasi sekolah
    Aplikasi program upah karyawan
    Aplikasi program penjualan barang
    Aplikasi program persediaan barang
    Danlain-lain disesuaikan kebutuhan setiap lembaga atau instansi masing-masing

a.  MengaktifkanMS. Access
           Pada umumnya di dalam komputer yang sudah terinstal dengan MS.    Office, secara otomatis atau dengan mendaftarkan program sewaktu menginstal, aplikasi MS. Access sudah dapat dijalankan. Langkah mengaktifkan sebagai berikut:
1)  Klik menu Start
2)  Sorot All Programs
3)  Sorot Microsoft Office 2007/2010 dan Klik MS. Access
4)  Ada beberapa opsi yang ditawarkan
      a)  Open a file
Berguna untuk membuka file database yang pernah kita buat sebelumnya
b)  New
Ada beberapa opsi lagi. Pada dasarnya  sama, yakni untuk membuat file database yang masih kosong.Untuk membuat filebaru, pilih saja opsi yang pertama, blank Database
c)  New from exiting file
Hampir samadengan pilihan Open a file d)  New from template  Berguna untuk membuka file database yang telah disediakan oleh MS.Access. Jika kita memilih opsi ini, maka sudah difasilitasi oleh MS.Access. Kita hanya mengubah/mengedit menunya.
5)  Untuk membuat file database baru, langkah selanjutnya Adalah mengklik blank Database pada opsi yang kedua, maka mencul kotak dialog
6)  Pada program aplikasi MS.Access kamu diminta membuat file terlebih dahulu. Nama  file pada  MS. Access ber-extention .db1. Nama file bebas seperti pada MS. Word. Setelah menulis nama, tentukan dimana file tersebut akan disimpan. Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah mengklik Create, maka akan tampil menu.

b.  Keluar dari Access
Untukkeluardariprogramaplikasiini,perhatikanlangkah- langkahnya sebagai berikut:
1)  Klik File, maka akan muncul kotak dialog
2)  Jika mengklik Close,berarti  keluar  dari lembar  kerja MS.Access
3)  Jika mengklik Exit, berarti keluar dari program MS. Access dankembali ke desktop Windows.

Dapatkan Artikel terbaru dari Situs ini melalui e-mail Anda.

Author : Admin Terimakasih telah berkunjung

Artikel Modul KKPI Kelas XI (Mengoperasikan Software Basis Data) Pertemuan 2, diterbitkan oleh Admin . Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi Anda. Silakan share sekiranya bermanfaat buat anda. wassalam.

0 comments: